Kamis, 22 Maret 2012

PANTAI MANANGA ABA


Pantai Mananga Aba, Sumba Barat Daya

(Koordinat: 9°21'28.33"S, 119°18'5.23"E )

Pantai Mananga Aba atau Pantai Kita?
Banyak orang menyukai pantai karena anginnya yang semilir, pemandangan ombak bergulung-gulung dengan pasirnya yang lembut. Berjalan-jalan disepanjang pesisir dan bermain ombak selalu menjadi idola bagi siapa pun untuk melepas penat dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Hal ini lah yang membuat pantai-pantai yang indah selalu ramai dikunjungi orang. Namun bagi yang menginginkan ketenangan saat berwisata pantai, pergi ke Pantai Mananga Aba adalah sebuah pilihan.  Pantai Mananga Aba memiliki pasir yang putih bersih dan luas dengan lengkung pantai yang indah, dengan suasana yang tenang karena belum banyak dikunjungi orang. Keindahan pantai ini tidak diragukan lagi terbukti  banyak bidang tanah di sekitar Pantai Mananga Aba sudah dikapling-kapling oleh para investor untuk usaha pariwisata.


Bermain ombak di Pantai Mananga Aba 
Jalan menuju ke Pantai Mananga Aba sudah beraspal dan cukup dekat dengan Waitabula, Ibukota Sumba Barat Daya.  Ketika kami datang pada Oktober 2010, Pantai Mananga Aba belum dikelola oleh Pemda sehingga untuk masuk ke lokasi tidak ada portal untuk meminta retribusi. Suasana tenang dan sepi, hanya terlihat beberapa orang nelayan yang sedang duduk-duduk. Pengunjung pantai untuk berwisata yang kami lihat hanyalah beberapa orang muda-mudi yang sedang duduk berkumpul membentuk lingkaran.


Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya juga sudah membidik potensi parawisita di Pantai Mananga Aba. Mungkin agar nama pantai menjadi familiar, mereka akan mengganti nama menjadi Pantai Kita. Beberapa pihak kurang sependapat dengan penggantian nama ini, karena justru akan mengurangi keaslian dan ke-khas-an pantai ini. Kita tunggu saja, apakah nama pantai akan diganti atau tidak. Yang jelas, sebelum pantai ini diresmikan sebagai lokasi pariwisata tentunya sudah harus memiliki nama paten. Pemilihan nama sedikit banyak juga akan mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar